Kamis, 23 Januari 2014

Menghilangkan Bau Cat Dengan Cepat dan Murah

 

Semua cat meninggalkan bau yang relative lama dan sama setelah dikuaskan. Bau yang sebenarnya akan hilang sendiri seiring berjalannya waktu. Namun, karena cat terbuat dari campuran beberapa bahan kimia, boleh jadi aroma yang menyebar mengandung senyawa yang mengancam kesehatan penghuni rumah. Apalagi jika kita memiliki anak kecil yang daya tahan tubuhnya masih rentan.

Sejumlah produsen cat telah memikirkan untuk menciptakan cat yang ramah lingkungan. Setidaknya tidak menyebarkan bau yang menyengat, cepat kering, dan mudah dibersihkan. Namun, cat ramah lingkungan ini masih belum banyak dijual sehingga mau tak mau kita harus menggunakan cat konvensional.

 

Ada beberapa cara yang diyakini bisa mengusir bau cat yang menyengat secara hemat, relative cepat, dan dengan memanfaatkan benda – benda yang ada di sekitar rumah kita.

Berikut ini cara – caranya :

·         Cara pertama, dengan meletakkan beberapa mangkok berisi air dan garam di ruangan yang bau catnya terasa kuat. Dalam beberapa jam, bau cat ini akan berkurang.

·         Cara kedua, dengan memanfaatkan bawang Bombay. Caranya dengan membelah bawang tersebut menjadi dua bagian, kemudian celupkan ke dalam wadah baskom besar atau ember berisi air. Lalu tempatkan dalam ruangan yang baru saja dicat. Beberapa jam kemudian niscaya bau cat sudah tak terasa kuat.

·         Cara selanjutnya dengan memakai bawang putih. Kita bisa menggantungkan beberapa suing bawang putih di depan kipas angin dan arahkan embusan anginnya pada dinding yang baru saja di cat. (Cara ini dianggap yang paling ampuh untuk mengusir bau cat dengan cepat).

·         Cara yang lain, bisa dengan menempatkan seember besar air yang dicampur dengan satu sendok cairan amoniak di ruangan yang aroma catnya kuat. Cara ini biasanya membutuhkan waktu semalam untuk menghilangkan bau cat.

 

Kompas, 24 Januari 2014,à Kolom Ornamen hal. 47


Sent from my iPhone

Tidak ada komentar: